Saturday, July 19, 2014

MEMBUAT APLIKASI SEDERHANA PERHITUNGAN LUAS BANGUN DUA DIMENSI DENGAN ECLIPSE



Aplikasi yang akan saya coba share kali ini sangat-sangatlah sederhana, yaitu cuman ngitung luas ja, dari luas segitiga persegi dan lingkaran, oleh karena itu aplikasi ini disebut sederhana.
Oke guys langsung ja, jadi program yang akan kita buat nanti tampilanya akan seperti ini.

     

1.     1.  Pertama kita buat project baru terserah kalian mau kasih nama apa project itu. Kemudian masukan koding berikut kedalam MainActivity.Java 

package fti.unisbank;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.content.Intent;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

       @Override
       protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
              super.onCreate(savedInstanceState);
              setContentView(R.layout.activity_main);
       }
      
       public void klikPage1(View v){
              Intent isegitiga = new Intent (this,segitiga.class);
              startActivity (isegitiga);
             
       }
       public void klikPage2(View v){
              Intent isegiEmpat = new Intent (this,segiempat.class);
              startActivity (isegiEmpat);
             
       }
       public void klikPage3(View v){
              Intent iLingkaran = new Intent (this,lingkaran.class);
              startActivity (iLingkaran);
             
       }

       @Override
       public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
              // Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
              getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
              return true;
       }

}







2  2. Kita buat tampilan xml nya, dengan mengopykan coding ini ke Main_Activity.xml  berikut jangan lupa di save ctrl+s

<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="wrap_content"
    android:layout_height="match_parent"
    android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
    android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
    tools:context=".MainActivity" >

    <TextView
        android:id="@+id/textView1"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_alignParentTop="true"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:layout_marginTop="27dp"
        android:text="@string/judul"
        android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge" />

    <Button
        android:id="@+id/button1"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_below="@+id/textView1"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:layout_marginTop="24dp"
        android:onClick="klikPage1"
        android:text="@string/segitga" />

    <Button
        android:id="@+id/button2"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_alignLeft="@+id/button1"
        android:layout_below="@+id/button1"
        android:layout_marginTop="20dp"
        android:onClick="klikPage2"
        android:text="@string/segiempat" />

    <Button
        android:id="@+id/button3"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_alignLeft="@+id/button2"
        android:layout_below="@+id/button2"
        android:layout_marginTop="22dp"
        android:onClick="klikPage3"
        android:text="@string/lingkaran" />

</RelativeLayout>


33.  Untuk langkah ketiga guys kopikan coding berikut di string.xml yang ada di values dan  jgan lupa di save

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>

    <string name="app_name">Activity</string>
    <string name="action_settings">Settings</string>
    <string name="hello_world">Hello world!</string>
    <string name="judul">Perhitungan luas</string>
    <string name="segitga">Hitung luas segtiga</string>
    <string name="segiempat">Hitung Luas Segiempat</string>
    <string name="luas">Hitung Luas</string>
    <string name="alas">Alas : </string>
    <string name="tinggi">Tinggi : </string>
    <string name="hitung">Hitung luas segitiga</string>
    <string name="luasadl">Luas adalah :</string>
    <string name="panjang">Panjang :</string>
    <string name="lebar">Lebar :</string>
    <string name="jari">Masukkan Jari-jari</string>
    <string name="lingkaran">Hitung Luas Lingkaran</string>

</resources>

44.  Untuk langkah berikutnya kita buat untuk perhitungan bangunya dengan membuat class lagi, saya akan menamai class java tersebut dengan segitiga.Java  

package fti.unisbank;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.View;
import android.view.View.OnClickListener;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
import android.widget.TextView;

public class segitiga extends Activity implements OnClickListener {
       protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
              super.onCreate(savedInstanceState);
              setContentView(R.layout.segitiga);
             
              Button btnklik=(Button)findViewById(R.id.button1);
              btnklik.setOnClickListener(this);
       }
      
      
       public void onClick (View v) {
             
              EditText etAlas = (EditText) findViewById(R.id.editText1);
              EditText etTinggi = (EditText) findViewById(R.id.editText2);
              TextView tvLuas = (TextView)  findViewById(R.id.textView4);
              double alas = Double.valueOf(etAlas.getText().toString());
              double tinggi = Double.valueOf(etTinggi.getText().toString());
              double luas = 0.5 * alas *tinggi;
              tvLuas.setText("Luas adalah : " + luas);
       }

}

jangan lupa kopikan koding dibawah ini di androidManifest.xml

<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    package="fti.unisbank"
    android:versionCode="1"
    android:versionName="1.0" >

    <uses-sdk
        android:minSdkVersion="8"
        android:targetSdkVersion="17" />

    <application
        android:allowBackup="true"
        android:icon="@drawable/ic_launcher"
        android:label="@string/app_name"
        android:theme="@style/AppTheme" >
        <activity
            android:name="fti.unisbank.MainActivity"
            android:label="@string/app_name" >
            <intent-filter>
                <action android:name="android.intent.action.MAIN" />

                <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
            </intent-filter>
        </activity>
        <activity android:name="segitiga"></activity>
        <activity android:name="segiempat"></activity>
        <activity android:name="lingkaran"></activity>
    </application>

</manifest>

Oke guys untuk yang lainya bisa dikembangin sendiri kan,,? Atau bisa lihat full source codenya dibawah ini.

Download full source code : perhitungan luas

Atau download file Apk : perhitungan luas.Apk

Share:

3 comments:

  1. Terima kasih informasinya mengenai cara membuat aplikasi untuk menghitung luas persegi panjang sangat membantu tugas kuliah saya :)

    ReplyDelete
  2. Bng link apk sama full source g bisa ya udh di blokir?

    ReplyDelete